Translate

Jumat, Maret 09, 2012

Sepiring Spaghetti di Milano Italiano

Duomo di Milano

By Benediktus Beben

Sungguh aku berdecak kagum begitu melihat The Duomo di Milano (Milan Cathedral) yang terletak di Piazza Duomo kota Milan Italia. Bangunan ini merupakan sebuah Katedral bergaya  Gothic yang besar dan indah. 
Sambil menikmati hangatnya secangkir kopi di tengah kerumunan para turis dan burung dara, Saya terpaku memandang indahnya bangunan ini. Warnanya yang putih  (mungkin terbuat dari marmer)  dengan segala  ornamen yang detail dan rumit sungguh membuatku tidak habis pikir.. bagaimana orang jaman dahulu membangunnya ya...?

Duomo dibangun pada abad ke 5 dan pernah mengalami kebakaran di tahun 1075, kemudian mengalami hampir lima abad konstruksi dan selesai pada tahun 1805.
Bagian pintu masuk Duomo
Bangunan ini dianggap sebagai salah satu diantara 10 gereja terbesar di dunia, ukurannya sedikit lebih kecil dari basilica St. Petrus di Roma.

Di Puncak menara berdiri sebuah patung Bunda Maria, sedangkan seluruh sisi bangunan dipenuhi oleh relief-relief yang sangat indah. 
Duomo di Milano
Galleria Vittorio Emanuele II
La scala Opera
Piazza della Scala
Setelah puas mengagumi bagian luar gereja ini, saya memasuki bagian dalam gereja.. wola.. keindahan interiornya tidak kalah cantik dengan exteriornya.
Banyak lukisan, relief dan ornamen2 religius yang sangat indah di sekeliling gereja ini. Sambil memandang ke langit2 gereja yang penuh lukisan indah dan ornamen yang sangat mengagumkan, saya berdoa dalam hati.. mensyukuri anugerah Tuhan yang sudah diberikan sehingga bisa sampai ke tempat ini dan menjadi saksi keagungan Tuhan.

Beberapa meter dari Duomo, kami berjalan2 di Galleria Vittorio Emanuele II, sebuah pusat perbelanjaan  (mall) indoor besar dengan bangunan kuno yang historic dengan sentuhan modern dimana berdiri beberapa toko yang sangat eksklusif , seperti  (Prada, Louis Vuitton, Gucci), restoran,cafe dan kedai kopi yang ditata rapi dan cantik.

Kami sempat masuk ke salah satu cafe untuk sekedar menikmati sepiring spagheti dan secangkir susu panas, lumayan buat melawan hawa dingin yang menusuk saat itu...

Di dekat pintu masuk  mall ada sebuah cafe bernama  Zucca, kafe dimana para seniman besar diantaranya Giuseppe Verdi dan Arturo Toscanini biasa duduk dan minum di caffè ini setelah pertunjukan di gedung opera La Scala. Didirikan pada 1867, Zucca penting dalam sejarah dan budaya Italia khususnya Milan.

The Galleria’s arcade menghubungkan The Piazza del Duomo ke Piazza della Scala yaitu sebuah alun alun di depan teater opera terkenal La Scala opera. Dimana terdapat patung seniman besar Leonardo Da Vinci.


Januari 2015,, untuk ketika berkunjung ke dua kalinya ke Duomo, rasa kagum itu tak pernah sirna. Bangunan ini telah menyihir jiwa raga... kagum, bangga dan sungguh agung ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar