Translate

Selasa, April 03, 2012

MONT SAINT MICHEL FRANCE

 MYSTERIOUS ISLAND NAN AGUNG....
Setelah menempuh sekian lama perjalanan melewati daerah pedesaan, tampak dari kejauhan di balik kabut tebal sebuah pulau yang terlihat sangat megah dan misterius, berdiri sendirian di tengah laut yang sepi.. itulah Mont Saint-Michel (bahasa Inggris: Mount Saint Michael) yang merupakan sebuah pulau pasang berbatu di Normandi, sekitar satu kilometer dari pesisir utara Perancis di mulut sungai Couesnon dekat Avranches.

Mont St Michel merupakan sebuah situs biara kuno yang awalnya terhubung dengan daratan utama melalui
sebuah jembatan darat alami yang sederhana, jembatan ini akan tertutup pada saat laut pasang sehingga pulau itu benar benar terisolir dan akan terlihat lagi pada saat air laut surut. Oleh karena itu Mont Saint Michel
mendapat gelar mistik yaitu pulau pasang.

Pada 1879, jembatan tanah tersebut dibangun menjadi sebuah causeway sehingga Kini Mont Saint-Michel dapat diakses 24 jam. Di kota yang berdiri di atas sebuah formasi geologi menakjubkan ini, kita bisa mengambil tur ke biara dan kota kecil di sekitarnya pada siang hari. Bahkan kalau kita punya waktu lebih, kita bisa bermalam di salah satu penginapan di sini untuk merasakan pengalaman yang berbeda saat hari beranjak gelap.

Sebelum pembangunan monastik pertama pada abad ke-8, pulau ini disebut Mont Tombe. Menurut legenda, malaikat Michael (St. Michael) menampakkan diri kepada St. Aubert, Uskup Avranches, pada tahun 708 dan  memerintahkan dia untuk membangun sebuah gereja di pulau tersebut.

Semakin penasaran kami untuk segera menginjakan kaki di pulau misterius ini yang oleh UNESCO dimasukkan ke dalam daftar World Heritage Site tahun 1979.

Pada saat kami datang, pulau ini sebagian tertutup kabut sehingga tidak bisa melihat puncak biara dimana terdapat patung St. Michael. Di pintu masuk kota abad pertengahan ini, kami menemukan ruang jaga Burgher kuno yang sekarang berfungsi sebagai Kantor Pariwisata.

Setelah melalui gerbang Boulevard, kami menyusuri Grande Rue atau jalan utama menuju museum, toko-toko dan rumah-rumah yang berasal dari abad ke-15 dan 16.
Ketika memasuki area ini, banyak sekali turis yang berkunjung. Kami berjalan menuju puncak melewati jalan2 setapak yang penuh sesak oleh pengunjung sambil melihat-lihat toko-toko souvenir yang ditata rapih dan cantik.

Di dalam kota juga terdapat gereja kecil yang dipersembahkan kepada St Pierre, santo pelindung para nelayan.

Akhirnya Setelah melewati semuanya, kami sampai di Grande Degre atau tangga keagungan Grande dan mengagumi biara dan gereja Abbey di puncak mont St. Michel.

Biara yang ada di sini awalnya dibangun dengan skema Makam Suci di Yerusalem, setelah kedua kepala biara memperhitungkan visi St Michael.

Setelah puas berkeliling dan foto foto, kami menuruni jalan setapak sambil menikmati pemandangan yang indah dan tak ada taranya dari atas kastil di mysterious island ....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar