Translate

Kamis, April 12, 2012

LE PONT DU GARD, FRANCE


PONT DU GARD
Hari menjelang senja disertai angin kencang yang menusuk tulang ketika kami tiba di pont du Gard di Nimes Perancis. Dari kejauhan tampak berdiri dengan megahnya sebuah jembatan yang unik, tinggi dan kokoh.
Pont du Gard .... merupakan sebuah jembatan saluran air (Aqueduct bridge) dari jaman Romawi kuno yang melintasi Sungai Gard (Gard River) di Perancis selatan.
Pont Du Gard merupakan bagian dari 50 km (31 mil) saluran air kuno yang melintasi Uzès dan Nîmes di Selatan Perancis. Terletak di Vers-Pont-du-Gard dekat Remoulins. Saluran air ini dibangun oleh bangsa Romawi pada abad pertama dan tercatat dalam daftar UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1985, sebagai jembatan saluran air Romawi tertinggi dan terbaik setelah Aqueduct of Segovia.

Jembatan ini memiliki tiga tingkatan lengkungan, dengan ketinggian 48,8 m (160 kaki), dapat menyalurkan sekitar 200 juta liter (44 juta galon) air setiap hari untuk memenuhi kebutuhan air warga Nîmes dan sekitarnya. Saat ini, Pont du Gard merupakan salah satu tujuan wisata Perancis yang banyak dikunjungi wisatawan.

Kami berjalan menembus dingin dan angin kencang untuk mengagumi bangunan kuno ini. 

Saya pernah tahu dan melihatnya di sebuah majalah tentang bangunan ini. Dan sungguh mengagumkan bisa melihat keindahan
dan keagungannya tepat di depan mata.


Kekaguman saya terbawa sampai kembali pulang.. ketika saya melihat sebuah bunga cemara di lemari kaca.... sebuah bunga cemara yang saya pungut di semak-semak ketika berjalan meninggalkan pont du Gard sebagai hadiah untuk istri tercinta...

Au Revoir
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar